Selasa, 12 September 2017

Unsur-unsur Pengembangan Kurikulum



A.    Unsur-unsur Pengembangan Kurikulum

Sistem kurikulum terbentuk oleh empat unsur/komponen yaitu, komponen tujuan, isi kurikulum, metode atau strategi dan komponen evaluasi. Sebagai suatu sistem, setiap komponen harus saling berkaitan satu sama lain. Berikut penjelasan komponen-komponen kurikulum.

1.      Komponen Tujuan
Komponen tujuan berhubungan dengan arah atau hasil yang diharapkan. Dalam skala makro, rumusan tujuan kurikulum erat kaitannya dengan filsafat atau sistem nilai yang dianut masyarakat. Bahkan, rumusan tujuan menggambarkan suatu masyarakat yang dicita-citakan. Tujuan pendidikan diklasifikasikan menjadi empat yaitu:
a.       Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)
Tujuan pendidikan nasional bersumber dari sistem nilai pancasila dirumuskan dalam UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan bentuk watak serta peradaban bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik, agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
b.      Tujuan Institusional
Tujuan institusional merupakan tujuan antara untuk mencapai tujuan umum yang dirumuskan dalam bentuk kompetensi lulusan setiap jenjang pendidikan, misalnya standar kompetensi pendidikan dasar, menengah, kejuruan, dan jenjang pendidikan tinggi.
c.       Tujuan Kurikuler
Tujuan kurikuler adalah tujuan yang harus dicapai oleh oleh setiap bidang studi atau mata pelajaran. Setiap tujuan kurikuler harus dapat mendukung dan diarahkan untuk mencapai tujuan intitusional.
  
d.      Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan bagian dari tujuan kurikuler, yaitu kemampuan yang harus dimiliki oleh anak didik setelah mereka mempelajari bahasan tertentu dalam bidang studi tertentu dalam satu kali pertemuan.

2.      Komponen Isi/Materi Pelajaran
Isi kurikulum menyangkut semua aspek baik yang berhubungan dengan pengetahuan atau materi pelajaran yang biasanya tergambarkan pada isi setiap mata pelajaran yang diberikan maupun aktivitas dan kegiatan siswa.

3.      Komponen Metode/Strategi
Komponen ini berhubungan dengan implementasi kurikulum. Strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan.  Dalam satu strategi pembelajaran  digunkanan beberapa metode.

4.      Komponen Evaluasi
Pengembangan kurikulum merupakan proses yang tidak pernah berakhir. Proses tersebut meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Merujuk pada pendapat tersebut, maka evaluasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pengembangan kurikulum. Melalui evaluasi, dapat ditentukan nilai dan arti kurikulum, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan apakah suatu kurikulum perlu dipertahankan atau tidak, dan bagian-bagian mana yang perlu disempurnakan.


B.     Jenis-jenis Evaluasi dan Penilaian dalam Pengembangan Kurikulum

1.      Evaluasi Perencanaan dan Pengembangan
Hasil evaluasi ini sangat diperlukan untuk mendesain kurikulum. Sasaran utamanya adalah memberikan tahap awal dalam penyusunan kurikulum. Hasil evaluasi ini dapat meramalkan kemungkinan implementasi kurikulum serta keberhasilannya. Pelaksanaan evaluasi dilakukan sebelum kurikulum disusun dan dikembangkan.

2.      Evaluasi Monitoring
Evaluasi ini dimaksudkan untuk memeriksa apakah kurikulum mencapai sasaran secara efektif dan apakah kurikulum terlaksana sebagaimana mestinya.

3.      Evaluasi Dampak
Evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan oleh suatu kurikulum. Dampak ini dapat diukur berdasarkan kriteria keberhasilan sebagai indikator ketercapaian tujuan kurikulum.

4.      Evaluasi Efisiensi-Ekonomis
Evaluasi ini dimaksudkan untuk menilai tingkat efisiensi kurikulum. Untuk itu diperlukan perbandingan antara jumlah biaya, tenaga dan waktu yang diperlukan dalam kurikulum dengan kurikulum lainnya yang memiliki tujuan yang sama.

5.      Evaluasi Program Komprehensif
Evaluasi ini dimaksudkan untuk menilai kurikulum secara menyeluruh mulai dari perencanaan, pengembangan, implementasi, dampak serta tingkat keefektifan dan efisiensi.

1 komentar:

  1. How to Make Money on Casino Apps
    In short, you need to do something งานออนไลน์ smart and smart to 샌즈카지노 make money online. These are the basic fundamentals 메리트 카지노 고객센터 you need to know to make money online.

    BalasHapus